Langsung ke konten utama

 CONTOH TAHAP-TAHAP MENDESAIN LOGO
 

Halo semuanya , perkenalkan nama saya Selly Maulisha seorang mahasiswi Universitas Indraprasta PGRI yang saat ini sedang berada di semester 5. pada kesempatan ini saya akan berbagi tahap-tahap proses pembuatan desain logo yang telah saya kerjakan untuk mata kuliah DKV2 pada semester 4 lalu.

 

Langsung aja cekidooot ;)

 

SEKILAS MENGENAI TUGAS DKV 2 SEMESTER 4

Waktu itu saya ditugaskan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang, kemudian mencari UMKM yang akan kami desain ulang logonya . setelah mencari kesana-kesini akhirnya kami mendapatkan beberapa UMKM yang akan diseleksi oleh dosen DKV 2 kami. Akhirnya UMKM yang terpilih adalah UMKM Dimsum Malarindu.

 

TENTANG UMKM : DIMSUM MALARINDU

 Dimsum malarindu adalah UMKM yang didirikan oleh Bu Titiek yang berlokasi di Perumahan Bekasi Timur Regency. UMKM ini bergerak dibidang makanan. Menyediakan produk dimsum siap santap. UMKM ini memiliki citra ramah dan sehat karena bahan bahan yang digunakan tanpa pengawet dan bergizi serta cocok untuk dikonsumsi segala usia.

 Saat ini Dimsum Malarindu dengan logo lamanya ingin dikenal oleh konsumen sebagai produk rumahan yang sehat, lezat dan membuat orang rindu, terlihat dari nama brand itu sendiri yaitu dimsum “malarindu” yang bisa diartikan sebagai rasa rindu yang sangat dalam. Klien ingin melakukan redesign logo dengan mempertahankan nama produk yaitu

Dimsum Malarindu.

 

TAHAP TAHAP MENDESAIN LOGO

 

1. MEMBUAT CREATIVE BRIEF

 Langkah pertama adalah membuat Creative brief. Creative brief adalah sebuah kumpulan informasi detail seperti tujuan, sasaran, persyaratan, pesan, demografi, serta informasi penting lainnya di dalam sebuah proyek kreatif

 Ini adalah contoh creative brief saya



2. MEMBUAT MIND MAPPING

Setelah membuat creative brief, buatlah mindmapping dengan mengelompokkan kata kunci yang cocok dan sesuai untuk usaha tersebut seperti contoh di bawah ini

 


 

3. MEMBUAT MOODBOARD

Moodboard diperlukan untuk menggambarkan berbagai ide-ide dengan cara menyusun dan mengelompokkannya berdasarkan jenisnya, seperti tone and manner board, project profile board , competitor profile board, dan customer profile board . untuk contohnya saya akan mencontohkan competitor profile board

 



4. MORFOLOGICAL MATRIX ( THUMBNAIL )

 Setelah membuat moodboard, selanjutnya adalah membuat morfological matrix dengan cara membuat tabel dan mengelompokan ide ide tersebut menjadi suatu gambar. contohnya adalah bagian yang sesuai dengan citra dimsum malarindu adlah sumpit, dimsum , senyum, mangkok dimsum , dan lainnya. Semua disusun dalam morfological matrix agar memudahkan kita dalam memilih objek yang berada di logo.


5. EKSEKUSI ( ALTERNATIF DESAIN )

Setelah membuat morfological matrix, saatnya membuat beberapa desain logo berdasarkan pilihan morfological matrix tadi , pilih beberapa objek yang akan digabungkan , hasilnya akan menjadi seperti ini



6. PILIH DESAIN TERBAIK 

Setelah itu digitalkan konsep yang sudah dipilih oleh dosen / klien

 


 

Seperti itu pengalaman saya dalam mendesain logo pada semester 4, terimakasih semoga bermanfaat ;) !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DESAIN POSTINGAN INSTAGRAM JOKOWI VERSI UCAPAN SELAMAT HARI TANI NASIONAL Sumber : instagram pak jokowi @jokowi Ilustrasi diatas adalah s alah satu unggahan di akun Instagram pak Jokowi  sebagai ucapan Selamat Hari  tani nasional pada tanggal 24 september 2023. Define Latar Belakang:  kemajuan teknologi memudahkan dalam berkomunikasi dan membagikan informasi , salah satu media sosial yang ramai digunakan oleh berbagai kalangan yaitu   Media sosial instagram. hal ini dimanfaatkan oleh publik figur untuk membentuk citra baik kepada masyarakat. T idak terkecuali bapak presiden negara Indonesia saat ini, Bapak Joko Widodo (Jokowi). pak Jokowi memanfaatkan akun in stagram nya  @jokowi sebagai sarana untuk menyapa dan membentuk citra positif di masyarakat Tujuan: Agar m enumbuhkan citra positif terhadap rakyat, serta mengingatkan masyarakat mengenai hari raya di indonesia Target Pasar:  kalangan muda yang gemar membaca komik , ilustrasi, dan meme Insight:...
 Tahapan berpikir Desain adalah proses yang mengubah ringkasan atau persyaratan menjadi produk jadi atau solusi desain. Proses desain bisa dikatakan terdiri dari tujuh tahap: mendefinisikan, meneliti, mengidealkan,prototipe, pilih, terapkan, dan pelajari. Masing-masing memerlukan pemikiran desain.  Proses desain melibatkan kreativitas tingkat tinggi tetapi dalam arti tertentu yang dikendalikan dan diarahkan oleh proses agar tersalurkan menuju menghasilkan solusi yang layak dan praktis untuk masalah desain, memenuhi atau melampaui tujuan yang dinyatakan dalam laporan singkat tersebut. proses berfikir desain terdiri dari defined, research, ideate, prototyping, select, implementation, learning defined : Pertama, masalah desain dan target audiens perlu didefinisikan. Tepatnya pemahaman tentang masalah dan kendalanya memungkinkan solusi yang lebih tepat untuk dikembangkan. Tahap ini menentukan apa yang diperlukan untuk proyek tersebut berhasil.  pada tahap defined , agar memud...